Kampanye Unik Provokatif Dibolehkan Oleh KPU


ALAT PERAGA KAMPANYE 3D
Caleg DPR RI dari PPP, Damin Sada


Coba perhatikan alat peraga kampanyenya yang lain dan jauh lebih atraktif  dibuat di atas mobil pick-up desain 3D (tiga dimensi) sebentuk ka'bah di depannya, kemudian maket tabung dengan logo Damin Sada bertopi Indian seperti kepala suku. Di tulisan saya yang lain, Damin Sada menjelaskan mengapa dia bertopi kepala suku Indian dalam logonya. Dia memposisikan dirinya sebagai putra asli Bekasi, alias anak Betawi yang tersingkirkan dari tanah kelahirannya seperti halnya suku Indoan di Amerika Serikat sana.


Mungkin dari sekian alat peraga kampanyenya yang lainnya seperti poster dominan hitam bergambar kepala suku Damin Sada, kemudian mini banner serupa dan baliho raksasa, maka yang berbentuk 3D termasuk yang paling banyak menyedot perhatian publik di Kota Bekasi.

Apakah dia berhasil? Mengingat pengalamannya berkampanye pada pemilu 2004 dan 2009 lalu, sepertinya Damin Sada bukanlah orang yang gampang menyerah. Asyiknya lagi, caleg ini termasuk paling kreatif dan lucu untuk dibahas gaya berkomunikasinya, bukan?

Kreatifitas anak Bekasi asli ini memang perlu diacungkan jempol. Bagaimana tidak, dari segudang kegiatan yang dia lakukan di dunia sosial politik, damin Sada memang cukup dikenal peduli dengan wilayah kota Bekasi dan justru akan terasa jadi sepi, jika tak ada satu aksi dari mantan kepala desa Srijaya, Tambun Utara, Bekasi ini.

Yang perlu diperhatikan dari cara berkampanye lelaki beranak 2 putra dan 2 putri ini adalah, kreativitas seni dan gaya "nyablak" atau komunikasi terbuka tanpa tedeng aling-aling. Jika bagi rang lain hal ini mungkin terasa tabu, tidak bagi Bamin Sada, bahkan dia merasa tak nyaman jika tidak mengkritisi kebijakan pemerintah yang tidak menguntungkan rakyat dan berpotensi merugikan warga masyarakat Bekasi dalam segala bentuknya.

Cara Damin Sada berkspresi mengkritisi pemerintah ini bukan tanpa masalah, tak jarang lelaki yang pernah main film sinetron Rahasia Illahi ini pernah pula dipanggil pihak kepolisian dan diinterogasi oleh belasan petugas mulai dari resintel hingga satuan lainnya di Polresta Metro Kota Bekasi. track record yang unik, sampai-sampai kanit serse intelnya menganggap Damin Sada sebagai warga yang paling sering bikin masalah konyol dan berbau isyu provokatif. Untungnya Damin Sada bisa dan berani menjelaskan mengapa dia melakukan komunikasi publik yang sering nyeleneh dan eksentrik itu.


Sidik Rizal : Pengamat Komunikasi Kampanye Total Pemilu

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama